Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S Msi canangkan  “Medan Bersih Rumah Kita “, pencanangan ini melalui aksi masal gotong royong yang digelar di Jalan T Amir Hamzah Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan Medan Helvetia, Jumat (18/3), gotong royong masal ini fokus pada membersihkan dan mengorek drainase mulai dari depan Griya Dom sampai Sungai Sikambing, selain warga yang berbaur dengan petugas kebersihan serta petugas Dinas Bina Marga juga sejumlah alat berat dari Dinas Marga diturunkan.

Gotong royong massal ini dihadiri Asisten Pemerintahan Drs Musadad Kapolsek Medan Helvetia Kompol Hendra Tri Yulianto, Kepala Dinas Bina Marga Khairul Syahnan ST, Kepala Dinas Kebersihan Ir Endar Sutan Lubis, Kadis Perkim Gunawan Lubis, Kadis Kominfo Drs Daruusalam Pohan dan Kepala BNPB Kota Medan Hanalore Simanjuntak serta Camat Medan Helvetia Edy Mulya Matondang, Koordinator Yayasan Surya Kebenaran Indonesia (YSKI) dr Anita dan sejumlah pimpinan SKPD jajaran Pemko Medan.

Menurut Walikota, kegiatan gotong royong ini merupakan program pemerintah Kota Medan dalam rangka mewujudkan Medan bersih Rumah Kita, kegiatan ini adalah untuk memberikan rasa nyaman kepada warga Kota Medan, dan kegiatan ini dimaknai tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah saja tetapi diperlukan dukungan dan partisipasi warga.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas  karena manfaatnya adalah untuk kepetingan masyarakat banyak, kerjakanlah dengan bergairah sehingga kerja iklas ini  dapat ditiru oleh masyarakat lain, semua yang dilakukan ini untuk kebersihan kota Medan” kata Walikota.

Eldin juga menjelaskan, kegiatan gotong royong yang menjadi program pemerintah ini adalah merupakan bhakti social atau kerja suka rela, dan lokasi  ini  menjadi focus gotong royong ini bila terjadi hujan akan terjadi genangan air sehingga masyarakat yang bertempat tinggal dilokasi ini merasa tidak nyaman, untuk itulah perlu dilkukan penataan dengan mengorek drainase yang sudah menebal sendimennya selain itu juga dipenuhi sampah.

“Hari ini kita canangkan Medan Bersih Rumah Kita,head land ini kita buat agar masyarakat bisa mengingat dan berbuat setiap hari Jumat masyarakat beserta aparat Pemko Medan, aparat Kecamatan beserta jajarannya untuk bergotong royong membersihkan lingkungan hal ini untuk kepentingan bersama, nantinya seluruh masyarakat bergerak saling menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, baik selokan depan rumah maupun halaman rumah,” ujar Eldin.

Eldin menambahkan bila halaman rumah bersih, selokan juga bersih sehingga air dapat mengalir tentu ini akan berdampak kepada kesehatan, diharapkan semua masyarakat dapat melaksanannya inilah yang diharapkan didalam program Medan Bersih Rumah Kita, selain itu juga masyarakat diimbau agar tidak membuang sampah di parit  ataupun  di Sungai.

Selanjutnya Eldin meminta kepada para Camat se Kota Medan untuk membangun kebersamaan, membangun kepedulian serta memberdayakan potensi masyarakat untuk bergotong royong  membersihkan  lingkungannya masing-masing, peran serta dan partisipasi dari masyarakat inilah yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah Kota Medan guna mewujudkan program Medan Bersih Rumah Kita.

Kepala Dinas Bina Marga Khairul Syahnan ST menjelaskan, dalam gotong royong pencanangan Medan Bersih Rumah Kita menurunkan sejumlah alat berat, selain mengorek drainase yang penuh lumpur juga mengorek Sungai Sikambing di seputaran Jalan T Amir Hamzah, karena Sungai ini sudah dangkal perlu dibersihkan dan dikorek agar alur air dari drainase seputaran tersebut berjalan lancar ke Sungai Sikambing

“Pengorekan Sungai Sikambing ini atas perintah Bapak Walikota,  Sungai ini dibawah wewangan Balai Sungai Provinsi Sumut, sementara Balai Sungai belum menanganinya kita lakukan pengorekan sampahnya”, ujar Khairul Syahnan.

Sumber : www.pemkomedan.go.id

Categories: Berita Pilihan

Related Posts

Berita Pilihan

PRSU Ke 45 Resmi Dibuka,Walikota Medan Tinjau Paviliun Milik Pemko Medan

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi bersama dengan Ketua TP PKK Kota Medan Ny. Hj. Rita Maharani,SH, meninjau langsung Paviliun milik Pemerintah Kota Medan yang ikut memeriahkan perhelatan Pekan Raya Sumatera Utara ke Read more…

Berita Pilihan

Walikota Tutup Musrenbang RKPD Kota Medan Tahun 2017

Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Medan tahun 2017 selama 3 hari di Hotel Emerald Garden Medan telah berakhir, Jumat (18/3/2016). Forum ini yang ditutup Walikota Medan, Drs. H. T. Read more…

Berita Pilihan

Wali Kota Medan Safari Subuh

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melaksanakan Safari Subuh sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al Abidin Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun, Sabtu (21/3)[beritasore/ist] Medan ( Read more…